Skip to main content

Blog entry by Enriqueta Lentz

Kalender 2023 Indonesia

Kalender 2023 Indonesia

Kalender 2023 Indonesia pun tak luput dari fokus tahunan di mana orang-orang menitik beratkan perhitungan hari-harinya. Kalender 2023 yang biasa ditemukan pada kalender sekuler, yaitu yang merupakan hasil dari pembagian biasa dari satu tahun menjadi 12 bulan. Hal ini biasa disebut kalender Romawi Kuno, dan setiap bulannya terdiri atas tiga puluh hari dan diakhiri dengan satu hari pengecualian yang disebut hari libur (atau tanggalan). Di Indonesia, kalender 2023 beragam dan dapat dikenali baik secara informal maupun formal.

Kalender tradisional yang berlaku di Indonesia berasal dari masa Hindu-Buddha di mana salah satunya dikenal sebagai kalender Wuku (atau Pawukon). Kalender Wuku adalah siklus enam puluh hari yang dipengaruhi oleh empat purnama dan empat pertengahan bulan. Pustaka ini dilengkapi dengan aturan yang berguna untuk membantu pedagang menentukan waktu pengiriman dan juga admisi pedagang di pasar lokal.

Kalender Baru (krisis Krishna) dikembangkan di India pada abad ke-4 dan kemudian dipelajari dan diteruskan oleh peneliti Islam. Kalender Baru terdiri dari 12 bulan yang sama seperti kalender Romawi Kuno, namun dengan satu siklus ciptaan tahun baru sebagai komponen tambahan. Kalender Baru juga menambahkan efek kuadran yang biasa dikatakan menentukan waktu yang ideal untuk menanam tanaman. Bahkan, kalender Baru juga menambahkan sistem kurung agar diingat dengan mudah.

Selain itu, di Indonesia juga terdapat kalender hijriah Islam yang berlaku di sana. Kalender ini menggunakan sistem bintang yang berbeda untuk menentukan bulan-bulan yang akan datang. Siklus kalender hijriah baru dimulai setelah peristiwa Hijra (perpindahan Muhammad dari Mekkah ke Madinah), dan hari pertama untuk setiap bulannya disebut Mulud. Kalender ini juga menambahkan hari-hari ketika suatu peristiwa penting terjadi di masa lalu.

Di Indonesia, sebagian besar masyarakat banyak yang menggunakan kalender Gregorian yang merupakan kalender sekuler yang berlaku sampai saat ini. Di bawah kalender Gregorian, ditentukan juga waktu-waktu hari perayaan dan hari libur.

Jika Anda ingin meneliti tentang kalender 2023 di Indonesia, sebaiknya lihat kalender 2023 indonesia yang kami tawarkan. Di sini, Anda dapat melihat dan melacak banyak informasi tentang waktu-waktu berbeda yang ditetapkan oleh berbagai agama dan tradisi yang berbeda seperti kalender hijriah, kalender Baru, dan kalender tradisional Wuku. Selain itu, kalender ini juga menampilkan informasi dengan cara yang intuitif yang memungkinkan Anda untuk dengan cepat meneropong lebih dalam tentang penanggalan di Indonesia untuk tahun 2023.

Mudah-mudahan kalender 2023 di Indonesia dapat membantu Anda menghubungkan dan memahami keragaman budaya yang berbeda dalam berbagai tempat di Indonesia dan mendapatkan informasi lebih lanjut tentang bagaimana penanggalan diterapkan di sana.

  • Share